Iklan
By muhammadadnin

Miras? No way !!

Waw, ngomong-ngomong sekarang lagi ngomogin masalah miras nih. Miras alias minuman keras yang biasa nya diminum oleh banyak orang alias pemabuk yang konon katanya bisa meningkatkan gairah dan juga pastinya ngasih kesan yang gimana gituh? ya heppy- heppy lah..

Tapi, sebenarnya masyarakat udah tahu belum ya dampak-dampak buruk apa aja nih yang dapat ditimbulkan dari miras itu sendiri? Nah, kalo dikaitkan dalam medis, kandungan alkohol di atas 40 gram untuk pria setiap hari atau di atas 30 gram untuk wanita setiap hari dapat berakibat kerusakan pada organ/bagian tubuh peminumnya. Misalnya, kerusakan jaringan lunak yang ada di dalam rongga mulut, seputar tenggorokan, dan di dalam sistem pencernaan (di dalam perut). Organ tubuh manusia yang paling rawan akibat minuman keras adalah hati atau lever. Seseorang yang sudah terbiasa meminum minuman beralkohol, apalagi dengan takaran yang melebihi batas, setahap demi setahap kadar lemak di dalam hatinya akan meningkat.

Banyak sekali dampak miras itu sendiri kawan, bukan hanya dari segi medis tapi juga miras dapat merusak pola pikir peminumnya. Pasti kita pernah mendengar berita dari media massa tentang adanya tindak kriminal yang ternyata nih kabar-kabar nya pelaku itu sudah mabuk duluan akibat minuman keras. Pembunuhan, pemerkosaan itu adalah salah satu kriminalitas paling tinggi yang disebabkan oleh minuman keras. Wah wah wah dahsyat nya ya dampak minuman keras itu.

Adalagi nih dampak buruk dari minuman keras nih kawan, salah satu penyebab kecelakaan kendaraan bermotor terbesar nih gara-gara minuman keras juga nih sobat. Gara-gara nih miras, pengendara nya jadi mabuk nih, eh kepikiran nya kemana-mana dan hilang kendali. Ya udah, brakkkk kecelakaan pun terjadi.

Kalo dilihat-lihat nih, masyarakat kayaknya udah banyak yang paham nih tentang bahaya miras. Walaupun tindakan antisipasinya terbilang masih minim. Palingan ya, masyarakat cuma bisa kasih nasihat kepada kaum muda untuk tidak mengkonsumsi miras karena merugikan diri sendiri dan juga orang lain. Kalo untuk tindakan yang bersifat fisik itu sendiri, masyarakat kayak nya belum bisa ambil resiko. Palingan kalo udah sangat parah, masyrakat manggil aparat kepolisian untuk menangani kasus tersebut.

Hemm, masyarakat sendiri sih sangat mendambakan ketentraman di lingkungan sekitar pastinya. Masyarakat juga sudah menaruh perhatian yang lebih untuk menangani kasus miras ini yang pastinya sering meresahkan warga. Masyarakat bersama pemerintah juga sudah saling bekerja sama untuk mengantisipasi masalah ini.

Semoga dengan kerja sama antara masyarakat, pemerintah, aparat keamanan dan pastinya peran pemuda untuk memberantas keberadaan miras, negara Indonesia tercinta ini dapat menjadi Negara yang aman dan sentosa.

By muhammadadnin

10 macam dosa besar

     Mungkin dari kita belum pernah mau mempelajari sebab yang mengakibatkan hidup kita memiliki banyak permasalahan yang bertubi-tubi dan tak kunjung berhenti. Mungkin dari kita kaum muslimin terlalu banyak berpikir bahwa masalah yang datang kunjung menghampiri kita hanyalah seakan-akan sebagai ujian yang diberikan oleh Allah SWT. Namun, sebenarnya apa yang kita selalu pikirkan kita itu benar. Apakah kita perbah berpikir bahwa apakah ada sebab yang mengakibatkan masalah selalu dating menghampiri kita? Apakah masalah yang datang kepada kita merupakan ujian atau malah laknat Allah SWT? marilah kita intropeksi diri sendiri. Di sini ada 10 macam dosa benar yang dapat menimbulkan adzab berupamasalah yang tak kunjung berhenti.
1)  Menyekutukan Allah SWT
2) Meninggalkan sholat
3) Durhaka terhadap kedua orang tua
4) Berzinah
5) Berbohong
6) Meminum minuman keras
7) Mencuri
8) Saksi palsu
9) Mengunjing
10) Kikir
Apakah kita termasuk orang yang melakukan dosa besar? Apakah kita mendapatkan adzab ataukah ujian? Marilah kaum muslimin yang dirahmati Allah SWT kita sama-sama introfeksi diri sehingga kita dapat menjadi insan yang lebih taat kepada Allah SWT.

By muhammadadnin

Shark House

Shark House Sampoerna Academy

     Inilah keluarga baruku di asrama SMAN Sumsel (Sampoerna Academy). Shark House atau keluarga Hiu adalah nama dari grupku. Terdiri dari kurang lebih 30 siswa yang terdiri dari masing-masing generasi. dari grade X, XI, maupun grade XII. Shark house adalah salah satu dari Sembilan grup atau house yang ada di SMA ini. Kami yang tinggal di asrama, setidaknya membutuhkan sebuah keluarga baru yang mampu menjadi pengganti orang dirumah yang dapat untuk berbagi dalam waktu dan suasana suka maupun duka. Walaupun kami di sini berasrama, kami tidak pernah menjadikan semua itu menjadi beban bagi kami karena jauh dari keluarga, karena disini kami juga memiliki keluarga yang sama hal nya seperti keluarga kami dirumah. Jadi, disini kami tidak pernah merasa sendirian dan kesepian karena hari-hari kami selalu dipenuhi canda dan tawa bersama keluarga baru kami. Tetaplah jadi keluarga yang kompak SHARKY !!! 🙂

By muhammadadnin

Matematika

math       Sobat, apa yang terlintas dipikiranmu jika mendengar kata matematika? Apakah anda merinding ketakutan ataukah semakin lebih tertantang dan penasaran? Memang, banyak opini dari siswa-siswa SMA khususnya tentang keberadaan mata pelajaran yang satu ini. Ada yang berpendapat matematika hanyalah masalah yang bisa buat kepala pusing tujuh keliling, namun disisi lain ada sebagian ada yang menganggap matematika adalah pelajaran yang sangat menyenangkan karena dapat mengasah otak untuk lebih keras untuk berpikir. Sekarang pertanyaan nya adalah apakah sobat termasuk orang yang memiliki sudut pandang dari opsi yang pertama atau yang kedua? bagi sobat yang memilih opsi yang pertama, maka cobalah membuka cakrawala anda karena jika kita melihat dari sisi positif nya, matematika adalah ilmu yang sangat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita sama-sama sebagai anak bangsa Indonesia yang cerdas, taklukan matematika taklukan dunia….

By muhammadadnin

Spiderman

spiderman      Siapa yang tak kenal dengan tokoh yang satu ini? Saya kira aneh jika sobat tidak mengetahui tokoh superhero yang satu ini. Ya benar sekali, dia adalah Spiderman. Seorang superhero yang memiliki kekuatan layaknya seperti laba-laba. Lincah dan sigap merupakan ciri khas dari superhero yang satu ini. Pieter Parker adalah nama lelaki yang berprofesi seagai superhero yang satu ini. Sudah banyak musuh atau penjahat besar yang sudah ia taklukan. Contoh nya saja Green Goblin seorang ayah temannya sendiri, Dr.Octopus, dan Mr.Sand. Spiderman atau Pieter Parker juga memiliki seorang kekasih yang bernama Marry Jane. Di akhir kisah, Pieter Parker melepas dan membuang seragam superhero nya dan hidup berbahagia layak nya seperti orang biasa bersama kekasih nya Marry Jane.

By muhammadadnin

Arti Kehidupan

kehidupan     Inilah hidup, tak ada yang tahu kapan hidup ini akn berakhir. Tak akan ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa yang akan datang. Semua hanya dapat dilalui tanpa adanya penjedaan. Kita sebagai manusia biasa  hanya  dapat berusaha dan terus berusaha agar hasil yang akan kita raih dimasa mendatang akan membuat kita menjadi orang yang bermanfaat dan berguna bagi agama, bangsa dan Negara. Hidup akan sepi jika tidak ada masalah, masalah bisa kita anggap sebagai bumbu penyedap kehidupan. Masalah yang memberi rasa asam, asin, manis, pahit nya kehidupan. Kadang kala kita selalu berpikir bahwa masalah hanyalah hal yang selalu membebankan kita. Mungkin itu hanyalah opini dari orang-orang yang selalu memandang negative dari suatu masalah. Padahal, jika kita telaah lebih lanjut lagi, masalah akan membuat kita menjadi orang yang lebih mengenal kehidupan. Dengan masalah, kita juga akan tahu jati diri kita. Kita akan mengetahui seberapa banyak kekurangan dari diri kita yang harus kita benahi. Di balik masalah, juga terdapat banyak hidayah yang tersirat. Allah SWT berfirman di dalam kitab nya Al-Qur’an yang berintikan bahwa ” Seluruh penyakit pasti ada obatnya ” yang juga dimaksudkan bahwa seluruh permasalahan memiliki solusi jika kita ingin mencarinya. Maka dari itu, ayo sahabat-sahabat ku marilah kita bersama-sama menjadi insan yang dapat memaknai diri kita sendiri, sehingga kita dapat memaknai apa artinya kehidupan itu.

By muhammadadnin

Akhirnya Selesai

orang bahagia          Akhirnya kepenatan disekolah berakhir sudah. No exam, task, assignment, project and something else has been done yesterday. Alhamdulillah, kini tinggal menunggu hari untuk berlibur. Kangen akan tawa di dalam rumah, kangen dengan kebersamaan teman-teman dan kangen dengan sejuk nya alam di luar sana. Apa kabar semua nya? Apa yang telah terjadi ketika aku tak berada disana? Huh, pasti sangat menyebalkan tak berada disana. Banyak yang hal-hal yang seru yang telah terlewatkan. Tapi, aku tak pernah khawatir lagi, karena sebentar lagi aku akan berada disana untuk menikmati kesenangan dan kegembiraan yang pernah aku lewatkan sebelumnya. HAPPY HOLIDAY !! 🙂

By muhammadadnin

Arti nama Indonesia, Nusantara dan Asal Usulnya

     Nama Nusantara berasal dari dua kata bahasa Sanskerta, yaitu nusa yang berarti “pulau” dan antarayang berarti “luar”. Nusantara digunakan untuk menyebut pulau-pulau di luar Majapahit (Jawa). Perkataan Nusantara kita dapatkan dari Sumpah Palapa Patih Gajah Mada yang diucapkan dalam upacara pengangkatannya menjadi Patih Amangkubhumi Kerajaan Majapahit (tahun 1258 Saka/1336 M) yang tertulis di dalam Kitab Pararaton (Raja-raja):
     Sira Gajah Mada Patih Amangkubhumi tan ayun amuktia palapa, sira Gajah Mada, “Lamun huwus kalah nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seran, Tañjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, samana isun amukti palapa”.
     (Beliau Gajah Mada Patih Amangkubumi tidak ingin melepaskan puasa. Ia Gajah Mada, “Jika telah mengalahkan nusantara, saya (baru akan) melepaskan puasa. Jika mengalahkan Gurun, Seran, Tanjung Pura, Haru, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, demikianlah saya (baru akan) melepaskan puasa”.)
  • Gurun = Nusa Penida
  • Seran = Seram
  • Tañjung Pura = Kerajaan Tanjungpura, Ketapang, Kalimantan Barat
  • Haru = Sumatra Utara (ada kemungkinan merujuk kepada Karo)
  • Pahang = Pahang di Semenanjung Melayu
  • Dompo = Dompu, sebuah daerah/kabupaten di pulau Sumbawa
  • Bali = Bali
  • Sunda = Kerajaan Sunda
  • Palembang = Palembang atau Kerajaan Sriwijaya
  • Tumasik = Singapura
       Dapat dikatakan penamaan nusantara ini adalah berdasarkan sudut pandang Majapahit (Jawa), mengingat pada waktu itu belum ada sebutan yang pasti untuk menyebut seluruh kepulauan yang sekarang bernama Indonesia dan juga Malaysia). Sebutan Nusantara pernah coba dihidupkan oleh Ki Hajar Dewantara untuk mengggantikan sebutan Hindia Belanda (Nederlandsch-Indie), namun setelah disetujuinya penggunaan sebutan Indonesia oleh Kongres Pemuda Indonesia (dalam Sumpah Pemuda) tahun 1928, sebutan Nusantara digunakan sebagai sinonim untuk menyebut kepulauan Indonesia.
     Nama Indonesia berasal dari dua kata bahasa Yunani, yaitu indo/indu yang berarti Hindu/Hindia dan nesia/nesos yang berarti pulau.

Sejarah dan Arti Nama Indonesia (diringkas dari Wikipedia)

     Orang yang pertama kali memperkenalkan nama Indonesia adalah orang Inggris bernama George Samuel Windsor Earl dalam tulisannya yang berjudul “On the Leading Characteristics of the Papuan, Australian and Malay-Polynesian Nations” pada tahun 1850 di Journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia (JIAEA), terbitan Singapura.
      Dalam tulisan tersebut Earl mengusulkan dua alternatif nama untuk menggantikan sebutan Hindia (Indie/India), yaitu Malayunesia dan Indunesia. Earl sendiri lebih menyukai menggunakan sebutan Malayunesia mengingat bahasa pergaulan (lingua franca) di kepulauan ini adalah bahasa Melayu. Selanjutnya Richardson Logan mengambil nama Indonesia dari Earl dan untuk alasan kenyamanan pelafalan, ia mengganti huruf u menjadi o. Untuk pertama kalinya nama Indonesia muncul di dunia internasional melalui tulisan Logan di JIAEA (1850) yang berjudul “The Ethnology of the Indian Archipelago”.
     Tahun 1884 Adolf Bastian dari Universitas Berlin menerbitkan buku sebanyak lima volume dengan judul Indonesien oder die Inseln des Malayischen Archipel (Indonesia atau Pulau-pulau di Kepulauan Melayu). Buku inilah yang membuat nama Indonesia menjadi popular di kalangan cendekiawan Belanda, sehingga membuat sebagian kalangan salah mengira bahwa nama Indonesia diciptakan oleh Bastian, padahal ia mengambil istilah tersebut dari tulisan-tulisan Logan. Pada akhirnya istilah Indonesia tersebut sampai ke tangan orang-orang Indonesia pada awal abad ke-20 dan menjadi indentitas bagi sebuah bangsa yang memperjuangkan kemerdekaan dari penjajahan Belanda.

 

By muhammadadnin